Secara khusus, Tujuan Kurikulum Ma’had al-Jami’ah ad alah:
- Menghasilkan lulusan yang berwawasan keagamaan yang integral dan moderat.
- Menghasilkan lulusan yang berkualitas atau bermutu sesuai standar kompetensi yang ditetapkan, yaitu menguasai dan memahami ilmu dan pengetahuan keagamaan dan mengaplikasikannya dalam sikap dan perilaku yang baik dalam kehidupan sehari-hari.
- Menghasilkan lulusan yang berketerampilan dan berbakat di bidang seni, bahasa, dakwah, kepemimpinan, teknologi, dan pengembangan kualitas diri.
Fungsi Kurikulum
Kurikulum Ma’had al-Jami’ah berfungsi sebagai pedoman dan acuan bagi pengasuh (murobbi) Ma’had al-Jami’ah, tenaga pengajar, orangtua Mahasantri, masyarakat, dan Mahasantri itu sendiri:
- Bagi pengasuh atau murabbi, kurikulum Ma’had al-Jami’ah berfungsi sebagai bahan pengawasan, pemantauan, d an pengarahan d alam menjalankan kelembagaan Ma’had al- Jami’ah.
- Bagi tenaga pengajar atau ustadz, kurikulum Ma’had al-Jami’ah berfungsi sebagai pedoman dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar atau pembelajaran di Ma’had al- Jami’ah.
- Bagi orang tua, kurikulum Ma’had al-Jami’ah berfungsi sebagai alat ukur dalam membimbing para Mahasantri atau anak-anak mereka di rumah.
- Bagi masyarakat, kurikulum Ma’had al-Jami’ah berfungsi sebagai acuan dan kontrol sosial terhadap berjalannya sistem pendidikan pada Ma’had al-Jami’ah di masyarakat.
- Bagi Mahasantri, kurikulum Ma’had al-Jami’ah berfungsi pedoman atau panduan dalam proses pembelajaran di Ma’had al-Jami’ah.
Peran Kurikulum
- Peran Konservasi: Peran kurikulum Ma’had al-Jami’ah memiliki peran konservasi yang berfungsi sebagai pelestarian khazanah klasik turats qadim yang dikontekstualisasikan dengan pembelajaran kontemporer.
- Peran Kreatif : Peran kurikulum Ma’had al-Jami’ah berikutnya memiliki peran kreatif yang memiliki peran meningkatkan kompetensi Mahasantri dalammen jawab kebutuhan modern.
- Peran Kritis: Peran kurikulum Ma’had al-Jami’ah memiliki daya kritis dalam menghadapi perubahan sosial di masyarakat.