Pengorganisasian Kurikulum

Model Kurikulum Integral

Berdasarkan spirit, peran, fungsi, dan tujuan kurikulum yang telah dirumuskan di atas, Ma’had al-Jami’ah menyelenggarakan pendidikan Islam secara integral. Dalam hal ini, kurikulum integral dipahami sebagai sebuah struktur kurikulum yang terdiri dari tiga aspek atau karakter.Pendidikan yang sekaligus menjadi ciri khas Ma’had al-Jami’ah, yaitu aspek ruhaniah, aqliah, d an jasmaniah.

Ketiga karakteristik tersebut tecermin dalam isi kurikulumnya yang terdiri dari ilmu agama, ilmu umum, ilmu keterampilan dan wawasan kebangsaan (moderasi). Dengan model kurikulum integral, Ma’had al-Jami’ah menerapkan pemaduan (integrasi) berbagai macam keilmuan dan keterampilan dari aspek teoretis (in-class) dan praktis (daily life). Artinya, kurikulum integral di Ma’had al-Jami’ah dilaksanakan secara terpadu, saling berkaitan dan saling mendukung. Hal ini mengingat Mahasantri Ma’had al-Jami’ah akan menjalani proses kehidupan dan proses pembelajaran fullday (di luar jam kuliah reguler), sehingga proses-proses tersebut dapat dilaksanakan secara efektif dan integratif. Kurikulum intergral diimplementasikan melalui empat pola proses dari pendidik dan tenaga Pendidikan kepada Mahasantri. pola pengasuhan, pola pembelajaran, pola pendampingan, dan pola pembimbingan.


Kelas dan Program Pembelajaran

Mengingat input kemampuan Mahasantri d i Ma’had al-Jami’ah IAIN Kerinci dibagi menjadi kelas yang bertingkat. Ma’had al-Jami’ah IAIN Kerinci saat ini menerapkan kelas ta’aruf fi ad- diin (pengenalan agama) dan kelas pembelajaran ta’allum fi ad-diin (pemahaman ilmu agama). Proses pembelajaran menggunakan metode kolektif dan kelompok. Metode kolektif menggunakan tempat masjid dan kelas sebagai sarana pembelajaran para Mahasantri. Sedangkan metode kelompok digunakan  dalam pembelajaran  al-Qur’an.  Pada metode ini  Mahasantri dibagi menjadi beberapa kelompok yang langsung dibimbing oleh Musyrif dan Musyrifah. Setiap Musyrif dan Musyrifah membimbing 15 Mahasantri dalam pembelajaran al-Qur’an sekaligus sebagai Pembimbing Akademik Mahasantri.

Tabel 1Tabel 2